Senin, 03 Oktober 2016

Penyebab dan cara mengatasi laptop yang sering restart sendiri atau mati sendiri

Sore sobat,,

Sebenernya blog ini saya buat khusus tentang dunia elektronik, tetapi entah kenapa yang saya update malah berisi gado - gado, persis seperti blog yang lama ululardiyanto.blogspot.com hahaha,,
Blog yang lama saya tinggalkan,tak perlu tahu alasanya mengapa, walaupun terkadang masih di update, niatnya mau dihapus,, tapiiii ~masih mikir` blog itu masih mengirimkan receh buat beli kuota,,hahaha,, lumayan dari pada lumanyun,, blog tersebut saya pasangi banner dari anonymousads,, dulu pernah daftar adsense, tapi gagal. Ada satu temen yang menyarankan saya untuk daftar google adsense lewat youtube, kirain cuman bercanda,, ternyata langsung diterima. Tapi sayang,, iklannya tidak bisa di pasang di blog,, hanya bisa di youtube,, mungkin pengunjungnya terlalu sedikit ditambah lagi postingannya bercampur aduk (85% plagiarism).

Mau nge-Post ko malah curhat ya,,,

Saya sering dapet keluhan dari pelanggan mengenai masalah laptop, ya,, kebanyakan laptop yang digunakan oleh si pelanggan sering mati sendiri (sering restart). Pernah di baawa ke tukang service katanya yang kena ic powernya, kalo diganti nyampe 700 rb.. busyeeet mahal benget,,Sini laptopnya saya cek dulu,, masa iya  laptop yang sering restart sendiri IC Powernya korslet,,

Pas saya cek ternyata suhu pada prosesor laptop meningkat secara drastis, angin buangan yang dikeluarkan fan heatsink juga kurang,, kayaknya ada yang kurang berees di pendinginan, Tak pikir pusing, saya membongkar laptop tersebut,, eng ing eng,,,,,, 

motherboard terlihat berdebu



fan heatsink juga berdebu



 Lihat Ventilasi pada fan heatsink, mungkin ini penyebab tidak keluar angin pada fan heatsink,
Fan heatsink laptop terlihat tertutup oleh debu, debu nya menyerupai debu pada karpet.

 Thermal Pasta Juga sudah kering,, butuh penggantian pasta

setelah saya bersihkan,, lihat penampakannya



untuk penyebabnya pun bermacam bacam, tidak harus sama persis seperti yang pelanggan saya alami.

Penyebab dan cara mengatasi laptop yang sering restart sendiri atau mati sendiri


- Salah satu penyebab utama laptop anda sering restart adalah Prosesor yang kepanasan, istilahnya Overheat. Untuk pengecekan tingkat panas dari laptop, anda bisa menggunakan :
  •         Program Bios

Anda bisa menggunakan program BIOS untuk melihat keadaan temperature prosesor.
  •          CPUID Hardware Monitor

Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga, yaitu CPUID HARDWARE MONITOR.
Untuk kondisi overheating pada prosesor dapat disebabkan oleh beberapa factor :
-          - Banyaknya debu yang menumpuk pada motherboard ataupun pada fan heatsink, yang sering terjadi adalah penumpukan debu pada fan heatsink, yang menyebabkan sirkul;asi udara pada pendinginan laptop menjadi terganggu, kemudian meng – efek pada prosesor.
-          -Thermal Pasta, jika thermal pasta sudah kering, wajib kita ganti.

Virus
Bukan hanya overheating, virus pun bisa menjahili laptopmu. Virus membuat kerja memori menjadi terbebani karena melakukan proses yang sama secara berulang – ulang.


Mungkin itu sedikit ulasan mengenai cara mengatasi laptop yang sering restart atau mati sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terimakasih