Selasa, 20 September 2016

Mengetahui Ciri - ciri hardisk yang mulai Rusak

Mengetahui Ciri - ciri hardisk yang mulai Rusak - Saat hardisk anda rusak, sebenarnya  ada tanda tanda yang bisa kita baca sehingga masih ada waktu untuk membackup data yang tersimpan didalamnya sebelum hardisk anda benar –benar rusak dan tidak bisa di gunakan lagi.



Ciri – cirri hardisk rusak ini wajib kita ketahui
khususnya untuk orang – orang yang bergelut di dunia IT, agar kita tetap waspada untuk membackup data – data yang tersimpan didalam hardisk sebelum hardisk tersebut tidak bisa digunakan lagi. Kebanyakan dari kita belum mengetahui gejala –gejala atau cirri – ciri hardisk laptop atau komputer yang mulai rusak. Untuk itu hari ini El_co blog akan memberikan sedikit mengenai Cara mengetahui ciri – ciri hardiskLaptop atau komputer yang mulai rusak sehingga anda dapat segera memberikan pertolongan pertama sebelum data – data anda didalamnya menghilang.

Kerusakan hardisk tidak harus sering diartikan dengan kerusakan fisiknya, tetapi hardisk juga bisa rusak karena software, dimana system  yang tersimpan didalam hardisk mulai error seperti : Bad Sector, Bad Shadow, Bad Cluster dan sebagainya. Sedangkan kerusakan fisik pada hardisk biasanya disebabkan kabel yang sudah tidak layak pakai, arus listrik sering putus, Komputer atau laptop sering mati secara paksa dan sebagainya.

Berikut adalah cirri – cirri kerusakan hardisk yang dapat anda indikasikan dari factor – factor dibawah ini.


  • ·         Komputer Menjadi Lambat, Sering hank kemudian Blue Screen dan mati
Komputer Menjadi Lambat, Sering hank kemudian Blue Screen dan mati, memang kejadian ini bukanlah kejadian yang murni disebabkan oleh hardisk bisa jadi sistemnya dan banyak hal yang menimbulkannya. Cobalah untuk membersihkannya dari sampah system (Baca tutorialnya disini). Tetapi jika kejadian ini menjadi sering terjadi maka kemungkinan masalahnya ada pada hardisk anda.


  • ·         Data Menjadi Corrupt `korup`
Jika suatu saat data anda tidak bisa dibuka karena corrupt padahal sebelumynya anda menyimpan file tersebut tanpa masalah, segeralah untuk mengecek dengan segera hardisk tempat file itu tersimpan. Walaupun data yang korup tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, tetapi biasanya hal tersebut disebabkan oleh hardisk yang sedang mengalami kerusakan secara bertahap tapi pasti.


  • ·         Bad Sectors
Tanda ini adalah tanda nyata dari kerusakan hardisk. Jangan Pesimis dulu, lakukan pengecekan dengan checking disk. Jika didalam hardisk anda terdapat banyak bad sector, maka anda harus segera menyelamatkan data anda sebelum semua data anda rusak.


  • ·         Suara Aneh dari Hardisk
Jika anda mendengar suara aneh dari hardisk seperti suara  “klik..klik..klik..” secara terus menerus, maka sudah dipastikan bahwa kerusakan total hardisk tersebut tinggal menunggu waktu. Suara “kklik” yang terus menerus atau sering disebut click of death disebabkan oleh head yang mencoba untuk menulis atau membaca pada piringan. Suara Berciut atau gesekan dari dalam hardisk juga menjadi tanda lain yang mengindikasikan bahwa hardisk anda akan segera rusak sehingga anda harus segera memindahkan data penting yang anda miliki.

Untuk contohnya bisa dilihat video dibawah ini.

Suara klik..klik..klikk pada hardisk rusak


Suara Gesekan Pada Hardisk Rusak

Suara Aneh Pada Hardisk Rusak

Itulah beberapa ciri - ciri hardisk mulai rusak beserta contoh videonya,, semoga artikel tersebut dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terimakasih